Tuesday, June 9, 2015

Consistency and Standard - posindonesia.co.id

Consistency and Standard merupakan kekonsistenan dan penggunaan standar pada suatu aplikasi agar memudahkan user dalam berinteraksi sehingga tidak membutuhkan pembelajaran khusus. Hal tersebut dapat memberikan kenyamanan dan kemudahan kepada user. Berikut ini beberapa contoh kekurangan terhadap masalah Consistency and Standard pada posindonesia.co.id :


Penggunaan teks berwarna biru pada judul artikel sehingga terlihat seperti link


Teks dengan warna biru sudah menjadi standar dan dikenal oleh banyak orang sebagai hyperlink. Namun judul artikel pada posindonesia.co.id diberi warna biru sehingga dapat mengakibatkan salah interpretasi sebagai hyperlink (padahal bukan merupakan suatu hyperlink).


Rekomendasi perbaikan : Seharusnya judul artikel diberi warna selain biru, misalnya hitam.

Severity rating : 1
karena bukanlah hal yang sangat penting untuk segera diperbaiki.

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------


Beberapa artikel memiliki lebar preview yang tidak sama


Atikel-artikel yang ditampilkan pada halaman awal dalam bentuk preview seharusnya ditampilkan dengan lebar yang sama agar enak untuk dilihat. Namun, pada posindonesia.co.id tidak semua preview artikel ditampilkan dengan lebar yang sama dan bahkan ada beberapa artikel yang langsung ditampilkan keseluruhan tanpa preview sehingga menyebabkan halaman awal menjadi panjang dan terlihat kurang konsisten.


Rekomendasi perbaikan : Seharusnya setiap artikel ditampilkan dalam bentuk preview yang ukurannya sama.

Severity rating : 1
karena bukanlah hal yang sangat penting untuk segera diperbaiki.

No comments:

Post a Comment