Tuesday, June 9, 2015

User Control and Freedom - posindonesia.co.id

User Control and Freedom merupakan kebebasan yang diberikan kepada user untuk mengubah state yang mereka inginkan seperti melakukan suatu kontrol atau membatalkan suatu perintah. Berikut ini beberapa contoh kekurangan terhadap masalah User Control and Freedom pada posindonesia.co.id :

Link kembali yang tidak berfungsi ketika menemui pesan error 404 not found


Ketika user mendapatkan pesan error 404 not found setelah memasuki link weselpos internasional, user diberikan pilihan untuk kembali atau ke homepage. Namun, jika user memilih kembali, user tidak dapat kembali ke posisi user tersebut sebelumnya.


Rekomendasi perbaikan : Seharusnya user diberi kebebasan untuk kembali ke posisi sebelumnya atau arahkan saja user langsung ke homepage.

Severity rating : 1
karena hal tersebut bukanlah hal yang sangat penting untuk segera diperbaiki.

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------


Pemilihan asal dan tujuan hanya dapat menggunakan kodepos pada menu tarif kiriman pos


Ketika user ingin mengetahui tarif kiriman pos, user dapat menggunakan fitur tarif kiriman pos dengan memasukkan daerah asal dan tujuan pengiriman. Namun, pada kotak isian daerah asal dan tujuan tersebut hanya dapat dimasukkan kode pos sehingga kebebasan user menjadi terbatasi.


Rekomendasi perbaikan : Seharusnya user diberi kebebasan untuk memilih memasukkan kodepos atau daerah. Seringkali user akan lebih merasa mudah jika dapat memasukkan nama daerah dibandingkan kodepos.

Severity rating : 2
karena hal tersebut jika diperbaiki akan memberikan kenyamanan kepada user sehingga akan lebih baik jika segera diperbaiki.

No comments:

Post a Comment