Tuesday, June 9, 2015

Error Prevention - posindonesia.co.id

Error Prevention merupakan pencegahan terhadap kesalahan yang mungkin saja terjadi. Sistem seharusnya memberikan suatu usaha pencegahan ketika user akan melakukan kesalahan terhadap sistem sehingga user akan berhati-hati dalam melakukan tindakan selanjutnya. Berikut ini beberapa contoh kekurangan terhadap masalah Error Prevention pada posindonesia.co.id :


Tidak terdeteksinya kesalahan penulisan alamat email pada form pengaduan dan informasi pelanggan dengan tujuan permintaan informasi


Ketika user ingin melakukan pengaduan, maka user dapat mengisi form pengaduan beserta identitas diri. Pada form tersebut terdapat kotak isian email. Ketika user mengisikan email yang tidak sesuai, sistem tetap menerima inputan tersebut dan memasukkan pengaduan tersebut ke database.



Rekomendasi perbaikan : Seharusnya sistem memberikan batasan format input email yang diperbolehkan untuk diisi pada kotak isian tersebut sehingga ketika user mengisi dengan format yang tidak sesuai, sistem akan memberikan pesan error dan user tidak dapat melakukan submit sebelum memperbaiki format penulisan emailnya.

Severity rating : 3
karena apabila hal tersebut tidak segera diperbaiki, maka berbagai pengaduan palsu akan dengan mudah masuk ke database. Akibatnya database akan dipenuhi dengan pengaduan yang tidak sesuai.

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Tidak terdeteksinya kesalahan penulisan nomor kiriman pada form pengaduan dan informasi pelanggan dengan tujuan keluhan permintaan pos


Ketika user ingin melakukan keluhan kiriman pos, maka user dapat mengisi form pengaduan dengan mencantumkan nomor kiriman. Namun, ketika user mengisikan nomor kiriman dengan tidak sesuai, sistem tetap menerima inputan tersebut dan memasukkan pengaduan tersebut ke database.



Rekomendasi perbaikan : Seharusnya sistem memberikan batasan format input nomor kiriman yang diperbolehkan untuk diisi pada kotak isian tersebut sehingga ketika user mengisi dengan format yang tidak sesuai, sistem akan memberikan pesan error dan user tidak dapat melakukan submit sebelum memperbaiki format penulisan emailnya.

Severity rating : 3
karena apabila hal tersebut tidak segera diperbaiki, maka berbagai pengaduan dengan nomor kiriman yang tidak sesuai akan masuk ke database. Akibatnya database akan dipenuhi dengan pengaduan yang tidak sesuai.

No comments:

Post a Comment