Tuesday, June 9, 2015

Help User Recognize, Diagnose, and Recover from Errors - posindonesia.co.id

Help User Recognize, Diagnose, and Recover from Errors merupakan upaya pengenalan, pendiagnosaan, dan pemulihan terhadap kesalahan yang telah terjadi. Sistem seharusnya memberikan petunjuk atau pesan secara detail, membantu, dan mudah dimengerti kepada user agar user dapat memperbaiki kesalahan yang telah terjadi tersebut. Berikut ini beberapa contoh kekurangan terhadap masalah Help User Recognize, Diagnose, and Recover from Errors pada posindonesia.co.id :


Pesan error 404 not found tanpa penjelasan tambahan apapun yang muncul ketika memasuki link weselpos domestik


Ketika user mengakses link weselpos domestik, muncul pesan error 404 not found tanpa penjelasan tambahan apapun. Hal tersebut dapat membuat user menjadi bingung jika tidak diberikan penjelasan apapun.


Rekomendasi perbaikan : Seharusnya pesan error tersebut ditambahkan penjelasan dan petunjuk mengenai alternatif apa yang dapat dilakukan oleh user.

Severity rating : 1
karena hal tersebut bukanlah hal yang sangat penting untuk segera diperbaiki.

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------


Pesan error yang tidak mudah dipahami muncul ketika salah memasukkan username pada fitur lupa kata sandi


Ketika user ingin login pada kodepos.posindonesia.co.id dan lupa kata sandi, user akan cenderung untuk menggunakan fitur lupa kata sandi. Di dalam fitur tersebut user dapat me-recover kata sandi dengan memasukkan email atau username. Namun, jika user memilih berdasarkan username dan salah memasukkan username, maka akan muncul pesan error dengan penjelasan yang tidak mudah dipahami yaitu "parameter tidak valid".



Rekomendasi perbaikan : Seharusnya pesan error yang muncul diberi penjeasan yang lebih mudah dipahami seperti "username tidak valid".

Severity rating : 1
karena hal tersebut bukanlah hal yang sangat penting untuk segera diperbaiki.

No comments:

Post a Comment